Mengembangkan Produk Makanan Kecil

Tanya:

Pengasuh Klinik UMKM Faktultas Ekonomi UMK yang terhor­mat. Saya mempunyai usaha pembuatan makanan kecil. Yang mau saya tanyakan, adalah bagaimana pola pemasaran produk yang bisa dilakukan agar produk saya diterima oleh pasar: Terima kasih.

Ani, warga Kabupaten Pati

Selengkapnya: Mengembangkan Produk Makanan Kecil

Dampak Penurunan Harga BBM

TANYA

Pengasuh Klinik UMKM yang terhormat, seperti yang kita ketahui saat ini sedang hangat diperbin­cangkan mengenai  penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Apa saja dampak positif dan negatif penurunan harga BBM ?

Aminah Kasih, Jepara

Selengkapnya: Dampak Penurunan Harga BBM

Komunikasikan Produk Dengan Baik

Tanya:

Bagaimana cara merancang komunikasi pemasaran atau promosi yang bark, agar mendapatkan respons yang bark pula, sehingga berdampak positif, yakni dikenalnya produk saya olelt publik dan laku dijual. Tedmakasih.

Mamat, Kudus


Jawab:

Segala macam produk maupun jasa dapat diterima pasar apabila produsen mau menginfonnasikannya dengan baik dan menarik. Karena itu, komunikasi yang baik sang-at dibutuhkan untuk menarik perhatian konsumen. Dengan demikian, bisa dipahami bahwa komunikasi pada dasamya berperan besar dalam meningkatkan minat dan meyakinkan konsumen untuk membeli sebuah produk Namun, tidak semua orang bisa mengomunikasikan produknya dengan baik dan menarik.

Karena tidak bisa mengomunikasikan produk dengan baik itulah, maka banyak pelaku usaha yang kemudian mengalami kegagalan dalam memasarkan produk atau jasanya. Ini tentu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, melainkan hams Segera dicari solusinya.

Ada beberapa strategi merancang komunikasi yang bisa dipertim­banglcan untuk dilakukan. Pertama, infomiasi yang disampaikan hams lengkap, yaitu berisi semua materi yang diperlukan agar penerima pesan dapat memberi tanggapan sesuai dengan harapan pengirim pesan. Kedua, tidak bertele-tele. Pesan hams singkat namun dapat mengutarakan ide dalam jumlah kata sekecil mungkin atau biasa orang mengatakan singkat, padat, tetapi jelas, namun tanpa mengurangi makna dan gagasan yang hendak ditonjolkannya.

Ketiga, sampaikan pesan dengan empati. Penyampaian pesan, hen­daknya menerapkan empati dengan mempertimbangkan (menguta­makan) penerima pesan. Seperti jangan membalas keluhan pelanggan dengan bahasa kasar dalam keadaan apa pun. Ingatlah selalu bahwa pelanggan (pembeli) adalah raja.

Keempat, bahasa lugas dan mudah dicema. Dengan begitu, pesan yang hendak disampaikan mudah dimengerti serta memiliki makna tegas. Kelima, sarnpalican pesan dengan santun. Keenam, buat dengan teliti. Selain berbagai hal di atas, ketelitian dalam menyampaikan pesan juga tidak bisa diabaikan: tata bahasa, tanda baca dan ejaannya hams benar. Akan tetapi dalam kenyataan, komunikasi sering terganggu, bahkan menemui kebuntuan. Ada banyak faktor penghambat, baik yang muncul karma lingkungan maupun keterbatasan sarana komunikasi.

Untuk mengantisipasinya, maka komunikator hares memilih kata­kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya. Lihat dan pertimbangkan pula kemungkinan penafsiran yang berbeda ter­hadap kata-kata yang Anda gurialcan. Hindari istilah dan kata-kata asing yang membingungkan, sehingga publik tidak kesulitan menangkap pesan.

(Tim pengasuh Klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus/H15-24)

Perhatian Terhadap Lingkungan Usaha

Tanya:

SAYA pedagang kecil di kam­pung, yang menyediakan sembako serta kebutuhan sehari-hari, kopi, dan gorengan. Anak saya sudah brrkeluarga semua dan tinggal di luar kota, sehingga saya berdua  dengan istri. Apa itu tang­gung jawab sosial perusahaan? Apa ada hubungannya dengan pedagang kecil seperti saya? Terima kasih

Afif, Lereng Gunung Muria, Kudus.

Jawab :

SAUDARA memiliki usaha kecil-kecilan yang mulia dan ber­manfaat, karena tidak hanya jualan untuk cari untung saja, namun memerhatikan dampak bisnis bagi lingkungan (masyarakat).

Secara tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social ResponsibilitylCSR) meru­pakan wujud kepedulian suatu usaha/bisnis terhadap dampaknya di lingkungan eksternal, agar semakin bermanfaat usaha tersebut. Perusahaan juga perlu analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) atau environment impact attalysis (EIA).

CSR lebih menekankan pada bagaimana kontribusi perusahaan pada kesejahteraan lingkungan sosial masyarakat sekitar, sedang EIA lebih menekankan pada pelestarian lingkungan bidup bagi masyarakat dan ekologi.

Sebuah perusahaan, apapun, baik besar maupun kecil, seharus­nya menerapkan CSR dan EIA, karena dampak kegiatan bisnis terkait hal itu menghasilkan citra positif bagi perusahaan dan kon­tribusi nyata perusahaan.

Dengan memerhatikan CSR danEIA, akan berdarnpak positif pada volume penjualan produk perusahaan. Contoh nyata CSR perusahaan, yaitu penciptaan lapangan kerja, penyediaan bea­siswa pendidikan, atau memberikan perhatian pada kesehatan masyarakat.

Sedang contoh kongkrit EIA, antara lain rnengolah limbah agar tidak berisiko tinggi menjadi penyebab pencemaran lingkung­an, melakukan reboisasi (penghi­jauan kembali), atau secara khusus menghijaukan paru-paru kota.

Menurut Gomez.-Mejia dkk (2003), kinerja dan kesuksesan suatu perusahaan dipengaruhi oleh CSR dan tanggung jawab etika. Dikarenakan etika menghasilkan budaya yang baik. Bagi pengusaha kecil, perlu juga memperhatikan kedua hal di atas, kendati levelnya di tingkat masyarakat desa.

Memang harus selalu diingat, bahwa seorang pengusaha atau­pun pedagang, selain mencari untung dari kegiatan usahanya, mestinya memerhatikan ling­kungan sekitarnya. Menyisihkan sebagian keuntungan untuk mem­bantu masyarakat yang rnernbu­tuhkan, atau ikut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan. (Pengasuh Klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus/H15-10)

Pendaftaran Wisuda Ke 56 Universitas Muria Kudus - 2 Maret 2016

Wisuda UMK Angkatan 56 akan diselenggarakan dengan jadwal sebagai berikut:

Selengkapnya: Pendaftaran Wisuda Ke 56 Universitas Muria Kudus - 2 Maret 2016

Halaman 8 dari 23

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top