Wisuda ke-56 Universitas Muria Kudus Periode I Tahun 2016

Menuntut ilmu adalah salah satu kewajiban manusia dalam hidup. Dan ilmu yang baik, adalah ilmu yang bermanfaat, yakni yang diamalkan (dipraktikkan) dan disebarluaskan bagi kepentingan umat.

Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) mengutarakan hal itu dalam sambutannya pada upacara wisuda ke-56 untuk program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana di Auditorium Kampus, Rabu (2/3/2016).

‘’Ilmu yang Saudara peroleh, hendaknya dapat dimanfaatkan oleh orang lain dan masyarakat luas. Ilmu pengetahuan yang disebarluaskan oleh seorang yang berpendidikan, akan terasa lebih bermanfaat bagi masyarakat. Maka, ilmu harus diamalkan,’’ tegasnya.

Mengutip Syaikh Abdullah bin Shalih Al Fauzan, rektor mengatakan, bahwa ilmu tidaklah dituntut melainkan supaya diamalkan, yaitu dengan mewujudkan ilmu dalam praktik nyata,baik dalam bentuk pola pikir maupunperilakunya.

‘’Oleh karena itu, Saya berharap wisudawan dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki secara bertanggung jawab, berkualitas, cerdas dan santun,’’ ungkapnya dalam upacara wisuda yang antara lain dihadiri Prof. Dr. DYP. Sugiharto M.Pd., Kons. (Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah), Sekda Drs. Noor Yasin MM. mewakili Bupati Kudus, Pengurus Yayasan Pembina (YP.) UMK, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kudus, dan perguruan tinggi sekitar.

Rektor juga berharap, agar para wisudawan bisa bekerja mandiri dan membuka usaha-usaha kreatif dengan berbekal ilmu dan pengalaman yang telah didapat di bangku kuliah. ‘’Dengan modal keterampilan kewirausahaan semasa kuliah, Anda dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dan tidak menggantungkan lapangan kerja yang sangat terbatas saat ini,’’ tuturnya.

Wakil Rektor I Dr. A. Hilal Madjdi M.Pd., menyampaikan, pada wisuda kali ini, wisudawan dari semua Program Studi (Prodi) adalah 470wisudawan. ‘’Enam di antaranyalulusan semester sebelumnya (Semester Genap 2014/2015) yang mengikuti upacara wisuda periode ini,’’ jelasnya.

Dari Fakultas Ekonomi, Prodi Magister Manajemen (MM/ S2) meluluskan 31 orang, S1 Manajemen 47 orang, dan S1 Akuntansi 55 orang. ‘’Untuk Fakultas Hukum, Prodi Magister Ilmu Hukum (MIH/ S2) meluluskan 1 orang dan S1 Ilmu Hukum 35 orang,’’ paparnya.

Selanjutnya, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prodi Bimbingan dan Konseling (S1) meluluskan 59 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 60 wisudawan, lalu Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD) 57 wisudawan.

‘’Untuk Fakultas Pertanian, Prodi Agroteknologi meluluskan 10 wisudawan, lalu Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika meluluskan 64 orang, Prodi Teknik Elektro ada 12 wisudawan, Prodi Sistem Informasi meluluskan 34 orang, dan Prodi Teknik Mesin (D3) meluluskan 1 orang.

Selain itu, Fakultas Psikologi melalui Prodi Psikologi meluluskan 4 wisudawan,’’ Hilal menambahkan. Sementara wisudawan terbaik dari masing-masing Prodi dalam wisuda kali ini, yakni Puji Sumiyati (Prodi MM/ S2) dengan IPK 3,93, Prodi Manajemen Chuswatun Nisa’ (IPK: 3,66), dan Prodi Akuntansi terpilih sebagai wisudawan terbaik adalah Siti Aisyah (IPK: 3,41).

Dari Fakultas Hukum, sebagai wisudawan terbaik yaitu Joko Sutrisno (IPK: 3,74), lalu dari FKIP, wisudawan terbaik Prodi Bimbingan dan Konseling adalah Ahmad Nurul Huda (IPK: 3,84), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Ahmad Arinal Haq (IPK:  3,75), sementara untuk Prodi PGSD, lulusan terbaik yaitu Khikma Khusnia (IPK:3,89). Untuk Fakultas Pertanian, sebagai lulusan terbaik Prodi Agroteknologi yaitu Astutik (IPK: 3,49), sedang dari Fakultas Teknik, lulusan terbaik Prodi Teknik Informatika yaitu Rina Noviana (IPK   : 3,87), wisudawan terbaik Prodi Sistem Informasiadalah Zanri Nova Chalimi (IPK : 3,86), sementara untuk Fakultas Psikologi, wisudawan terbaik Prodi Psikologi yaitu Uly Ikhwanus Shafa (IPK: 3,39).

Prof. Dr. DYP. Sugiharto M.Pd., Kons. Pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada UMK dan para wisudawan yang telah merampungkan pendidikannya. ‘’Kami sampaikan apresiasi kepada pengelola UMK, yang, dalam catatan kami, telah menyelenggarakan Tri Dharma dengan baik dan sesuai regulasi,’’ terangnya. Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah itu juga menyampaikan, bahwa para wisudawan mesti berbangga karena ‘’dilahirkan’’ oleh UMK yang merupakan perguruan tinggi yang sehat. ‘’Ada tujuh indikator perguruan tinggi dikatakan sehat. Antara lain difasilitasi yayasan yang resmi terdaftar dan Kementerian Hukum dan HAM, memiliki sistem penjaminan mutu, serta Prodi dan institusinya terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). UMK bahkan tidak sekadar terakreditasi, tetapi mampu meraih akreditasi B dari BAN PT yang belum banyak didapat perguruan tinggi lain di Jawa Tengah,’’ katanya.

(sumber : www.infopantura.com)

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top