Kembangkan Usaha dengan Resiko Kecil

Kembangkan Usaha dengan Resiko Kecil

 

Tanya :

Saya seorang mahasiswa yang ingin mencoba merintis sebuah usaha, mamun masih ragu, apakah ada jenis usaha kecil yang mudah sukses dan prospeknya menjanjikan? Sering Saya melihat, ada sebuah usaha sudah berkembang, tetapi tiba-tiba gulung tikar, sehingga menjadikan bimbang (takut) memulai usaha. Mohon pencerahan dari pengasuh Klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (UMK) mengenai jenis usaha kecil yang menjanjikan dengan modal kecil atau paspasan.

 

Nuri, Pati

 

Jawab :

Diakui atau tidak, tidak ada satu pun usaha yang tidak mempunyai risiko. Semua usaha pasti mempunyai kendala dan hambatan. Maka yang bisa mesti dilakukan kemudian adalah mencari informasi mengenai berbagai jenis dan bidang usaha yang risikonya paling ringan dan peluang suksesnya lebih besar.

Tentu saja, kendala (permasalahan) yang dihadapi masing-masing jenis usaha akan berbeda satu dengan lainnya. Namun hal paling dasar yang menjadi kendala dalam menjalankan usaha kecil menengah, umumnya adalah masalah permodalan.

Usaha kecil memiliki keterbatasan pendanaan, sehingga produktivitasnya tidak dapat maksimal. Tidak mudah menyelesaikan masalah yang satu ini, apalagi jika usaha tersebut baru saja dibangun. Untuk itu perlu kecermatan serta kepiawaian dalam menentukan arah dan langkah penyelesaian masalah tersebut.

Sebenarnya, itu bisa disiasati dengan mencari sumber pendanaan lain dari luar. Misalnya dengan mengajukan pinjaman modal ke bank untuk memperoleh tambahan modal. Cara ini memiliki risiko yang cukup besar, tetapi bisa melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), sehingga bisa lebih ringan.

Mengenai jenis usaha potensial dikembangkan untuk sukses, tidak bisa ditentukan secara gradual (acak). Masing-masing mesti menentukan, apakah suatu usaha bisa dikategorikan potensial untuk berkembang dan maju atau tidak.

Untuk itu, setidaknya harus mempertimbangkan berbagai hal. Yakni sedikitnya tingkat persaingan. Usaha yang tingkat persaingannya kecil, akan lebih mudah sukses ketimbang jenis usaha yang memiliki persaingan begitu ketat.

Dengan persaingan yang kecil, seorang pelaku bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengembangkan produk usaha, mengembangkan jaringan, menjaga serta meningkatkan kualitas layanan, sehingga usaha bisa berjalan lancar. 

Selain itu, perlu mempelajari permintaan konsumen. Apakah 10 tahun ke depan, produk yang ditawarkan masih dibutuhkan, misalnya. Di sisi lain, untuk mendapatkan kesuksesan, sebuah usaha membutuhkan dukungan sarana dan prasarana yang cukup, termasuk di dalamnya adalah masalah transportasi, perizinan, dan lain sebagainya. (Tim pengasuh Klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus)

 

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top