Kuantitas atau Kualitas Produk yang Utama

Tanya:

Tim pengasuh klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (UMK) yang terhormat. Saya ingin bertanya, awal-awal mengembangkan sebuah usaha, lebih baik lebih mengutamakan kualitas ataukah kuantitas? Dari pengamatan saya, China sebagai Negara dengan perdagangan terbesar ternyatamengutamakan kuantitas. Jika mengutamakan kualitas, modal awal akan lebih besar dan jumlah barang terbatas, sehingga sulit mempromosikannya karena produknya jadinya mahal.

Yogi, Demak.

Jawab:

Setiap pedagang tentu menginginkan adanya permintaan produk (jasa) atas usahanya senantiasa mengalami peningkatan setiap bulan. Tak terkecuali usaha kelas menengah yang baru dibangun. Lepas dari suppliermaupun reseller agen pasti menginginkan kuantitas terus bertambah.

Ketika bicara mengenai kuantitas, ini erat kaitannya dengan kualitas. Seorang penjual tentu sangat sulit jika harus mengejar kuantitas di masa-masa awal menjalani usahanya.

Bagi penjual yang masih belum memiliki reputasi, trust, harus siap dengan berbagai keraguan bahkan kecurigaan calon pembeli. Faktor kepercayaan sangat menentukan kesuksesan dalam memasarkan produk, tentunya dengan risiko tingkat keuntungan yang relatif kecil ketika di awal usaha harus memprioritas kualitas.

Namun harus dipahami, kualitas produk yang terbaik akan membuat pembeli (konsumen) merasa puas dengan apa yang dibelinya. Maka tidak menutup kemungkinan ketika suatu konsumen tersebut membutuhkan produk (jasa) serupa, akan kembali kepada produk dengan kualitas yang telah dipercayainya.

Bahkan jika tingkat kepercayaan atas produk itu tinggi, tidak menutup kemungkinan konsumen yang telah terpuaskan akan memberikan informasi kepara orang lain. Pada posisi ini, maka kualitas produk harus dijaga dan ditingkatkan.

Dengan mempertahankan kualitas produk dan pelayanan dan produk yang Anda jual itu, bukan hal yang mustahil perlahan-lahan pelanggan tetap akan bertambah banyak. Akhirnya, target kuantitas penjualan bisa diperkirakan setiap bulannya. Setelah fase ini, mulailah untuk rutin meningkatkan kuantitas penjualan, terlebih jika sudah mendapatkan kepercayaan konsumen.

Kesimpulannya, kuantitas akan mengikuti kualitas. Dengan kata lain, jika Anda menginginkan kuantitas penjualan bertambah, maka mulailah dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan mutu produk yang Anda tawarkan karena itu akan membangun kepercayaan konsumen. 

(Tim pengasuh Klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus)

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top