Strategi Mengembangkan Bisnis Kerajinan Tangan

Tanya:

Saya baru mulai usaha hand made (kerajinan tangan) papercraft untuk hadiah wisuda, kado (suvenir) pernikahan, hadiah ulang tahun, dan lain sebagainya. Saya lihat bisnis ini belum banyak pesaing, khususnya di Kudus dan sekitarnya. Bagaimana strategi yang sesuai dan efisien untuk mempromosikan produk saya agar dapat berkembang?

Lia, Demak

Jawab:

Memasarkan produk baru memang tidak mudah, karena belum dikenal masyarakat (konsumen). Dibutuhkan perjuangan dan strategi pemasaran khusus agar produk tersebut mengena di hati konsumen. Ada beberapa strategi yang bisa dilakukanagar produk Anda menarik konsumen.  

Pertama; ciptakan produk yang memiliki kelebihan atau pembeda (diferensiasi) dengan produk lainnya, sehingga konsumen memiliki kesan dan tertarik mengenali produk baru yang Anda tawarkan.

Kedua; jeli terhadap kebutuhan konsumen. Mencoba pasar baru dengan menawarkan produk yang dibutuhkan konsumen, merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh untuk menarik minat konsumen. Lantaran produk yang ditawarkan merupakan produk yang dibutuhkan konsumen, maka produk pun akan dicari.

Ketiga; lakukan kegiatan-kegiatan yang memiliki nilai promosi efektif. Perhatikan faktor pendukung STP (segmentation, targeting, positioning)  serta marketing mix (produk, price, place dan promotion).

Ini dimaksudkan agar kegiatan promosi yang dilakukan sesuai target pasar yang telah ditentukan. Promosi yang dapat dilakukan antara lain menjaga kualitas produk, menawarkan harga bersaing, memilih lokasi usaha strategis, memberikan bonus, hingga memberikan potongan (diskon) harga saat launching produk.

Ada juga beberapa kegiatan untuk memekasimalkan kegiatan promosi produk yang bisa diperhatikan, seperti iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan penjualan perorangan (personal selling).  

Iklan dapat dilakukan melalui media online (situs internet), karena lebih murah, bahkan beberapa situs menawarkan memasang iklan secara gratis. Di luar itu, bisa juga promosi melalui Facebook, Instagram, BBM dan media sosial lainnya.

Untuk promosi penjualan (sales promotion), bisa dilakukan dalam suatu acara tertentu, seperti mengikuti pameran atau kegiatan-kegiatan publik yang populer seperti Car free Day, menarik lagi jika dalam melakukan promosi, dengan memberikan hadiah gratis setiap pembelian produk dengan jumlah tertentu, atau memberikan sampel produk gratis kepada konsumen untuk menarik minat mereka.

Sedang penjualan perorangan (personal selling), bertujuan untuk memberikan keyakinan dan pengenalan produk yang lebih dalam kepada konsumen. Untuk memunculkan keyakinan konsumen, maka konsumen perlu diberi informasi komprehensif terkait produk yang ditawarkan secara detil. Dengan cara ini, maka akan diketahui langsung respons konsumen terhadap produk yang ditawarkan. 

Keempat: memberikan layanan yang terbaik pada konsumen. Pelayanan yang baik, menjadi salah satu faktor pendukung untuk menciptakan produk yang berkualitas. Semakin baik pelayanan yang Anda berikan, akan semakin luas pula pasar Anda. Sebaliknya, jika layanan yang diberikan buruk, konsumen pun akan merasa tidak nyaman, sehingga lambat laun bisa meninggalkan produk Anda.

(Tim pengasuh Klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus/ UMK)

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top