Mengembangkan Produk Makanan Kecil

Tanya:

Pengasuh Klinik UMKM Faktultas Ekonomi UMK yang terhor­mat. Saya mempunyai usaha pembuatan makanan kecil. Yang mau saya tanyakan, adalah bagaimana pola pemasaran produk yang bisa dilakukan agar produk saya diterima oleh pasar: Terima kasih.

Ani, warga Kabupaten Pati

Jawab:

Terima kasih. Perlu dipahami, bahwa dalam memasarkan sebuah produk, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Berbagai hal itu antara lain bekerja sama dengan multi distributor. Melalui multidistributor, produk yang- dipasarkan akan cepat dikenal oleh masyarakat, baik yang sudah menjadi konsumen maupun calon konsumen.

Multidistributor ini menjadi pilihan yang bisa dibilang tepat, berbeda jika sebuah produk dipasarkan sendiri, sehingga membu­tuhkan waktu yang relatif lama untuk menjangkau masyarakat (pasar) yang lebih luas.

Selanjutnya yaitu mengikuti pameran-pameran yang diadakan pihak swasta maupun pemerintah, baik di dalam maupun luar kota dengan demikian, produk tersebut akan semakin dikenal oleh kon­sumen.

Hal lain yang bisa dilakukan, bagaimana kemasan sebuah produk juga mesti dipertimbangkan. Kemasan yang baik dan menarik, tentu akan dengan sendirinya menarik masyarakat untuk pembeli dan menarik toko (distributor) tertarik memasarkannya.

Strategi yang barangkali bisa dipandang klasik tetapi sangat pent­ing, yaitu pemasaran dari mulut ke mulut. Ini diakui atau tidak meru­pakan salah satu cara karakteristik unik promosi dalam bisnis yang tidak bisa diabaikan.

Pemasaran dari mulut ke mulut pada akhimya akan membincang masalah komunikasi. Komunikasi yang baik, akan menjadikan atau membuka jalan yang lapang dalam mengembangkan sebuah produk (usaha). Sebaliknya, jika komunikasi yang.dibangun tidak baik, maka kesuksesan dalam pengembangan usaha, bisa jadi bumerang bagi usa­hanya.

Mengingat usaha yang Anda jalankan ini di bidang makanan kecil, maka perlu kreativitas dan variasi produk, sehingga pelanggan mem­punyai pilihan. Yang penting rasa enak dan harga tidak kemahalan, maka konsumen tentu akan tertarik untuk membeli. (Tim pengasuh Klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus)

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top