Antara Karir dan Bisnis dari Hobi

Antara Karir dan Bisnis dari Hobi 

 

 

Tanya:

Saya bekerja di sebuah Bank di Jawa tengah sekitar 8 tahun terakhir, belum berkeluarga, dan sekarang baru saja lulus kuliah dengan memegang  gelar Sarjana Ekonomi. Saya hobi bisnis online, dan telahberjalan sekitar 4 tahun. Bisnis ini saya tekuni sejak awal-awal kuliah. Pertanyaan saya, bagaimana mengatur antara karir di Bank dan bisnis online yang saya tekuni? Oh, ya. produk yang saya jual adalahperalatan dan perlengkapan sepeda gunung.

Toni, tinggal di Semarang

Jawab:

Mas Toni Yth., kesulitan mengatur antara karir dan bisnis salah satunya yaitu mengelola waktu menjalankan kedua hal yang sama-sama penting itu. Namun perlu diingat, setiap orang harus mensyukuri dan mengutamakan ‘pekerjaan utama’, karena ini terkait profesi dan profesionalisme.

Sedang hobi, yang menguntungkan, jangan disia-siakan (ditinggalkan). Namun begitu, peluang yang berawal dari hobi itu tetap sebagai ‘bisnis sampingan’ yang terkadang, demi karir utama, harus rela ditinggalkan untuk ‘sementara waktu’.

Akan tetapi, meski sifatnya merupakan sampingan, bisnis yang berasal dari hobi ini jangan ditinggalkan, karena pengalaman berbisnis ini sangat penting setelah anda pensiun. Kecuali jika ingin total di bisnis, risikonya memang keluar tempat kerja anda. Namun untuk keluar dari profesi yang ditekuni, harus benar-benar dipikir secara benar, karena betapa pun, berkarir di sebuah instansi tidak mengenal ‘risiko bisnis’.

Selanjutnya, secara umum, ada dua manajemen karir. Pertama; perencanaan karir secara individu (pribadi) karyawan. Kedua; jenjang karir yang dikelola masing-masing instansi atau perusahaan yang bisa berbeda.

Noe dkk (2010) menyatakan, setiap perusahaan memiliki perencanaan target kinerja setiap orang di perusahaan, sehingga individu dan perusahaan harus mempersiapkan ketrampilan yang diperlukan untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

Keterampilan, pendidikan, dan pengalaman kerja menghasilkan kompetensi. Artinya hal itu di setiap tahapan karir, dikelola perusahaan secara optimal agar menghasilkan kinerja yang maksimal, yakni sesuai deskripsi kerja, baik itu tugas, kewajiban, hingga tanggung jawab atas pekerjaan yang diembannya di setiap bagian di perusahaan.

Mulai dari karyawan tingkat bawah, menengah, pengawas, hingga top eksekutif, dituntut bekerja secara maksimal. Adapun perusahaan mengelola jenjang karir dengan memfasilitasi upah (benefit) yang memuaskan. Tak bisa disangkal, perusahaan mentargetkan ‘laba maksimal’, namun setiap orang bekerja di perusahaan juga mencari ‘kepuasan kerja’, mulai dari jenjang karir karir, gaji tinggi, dan lingkungan kerja nyaman.

Langkah anda sudah baik dan benar, menekuni karir di Bank dengan segala pengalaman dan berbagai pelatihan keterampilan yang memadai. Lalu menyelesaikan dtudi di bidang ekonomi, setelah memiliki modal pendidikan (knowledge capital) yang benar serta kompetensi. Selanjutnya yang penting, yaitu modal sosial (social capital), berupa hubungan dan citra baik dengan semua rekan kerja dan pimpinan di tempat anda bekerja, juga nasabah.

Jadi anda telah siap dan memiliki karir baik dan ideal, dengan rekan sejawat (peer) berlomba-lomba meningkatkan kinerja maksimal bagi perusahaan. Sehingga, ke depan, anda layak menjadi pimpinan Bank di mana anda bekerja.

Terkait bisnis online yang anda tekuni dari hobi, benar juga. Keunggulan pilihan Produk anda berupa sepeda gunung, yang tidak seperti produk makanan yang masa expired singkat atau produk jasa yang ribet. Namun produk sepeda setiap tahun ganti model, sehingga bisa usang jika tidak laku, dan akhirnya merugi.

Tetapi yang jelas, anda masih bisa terus menjalankan hobi bisnis di sela-sela waktu berkarir di dunia perbankan. Apalagi jika sudah memiliki karir bagus dan gaji tinggi, maka itu bisa menjadi tambahantambahan modal untuk mengembangkan bisnis. (Tim pengasuh Klinik UMKM Universitas Muria Kudus)

 

 

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top