Pengembangan Varian Keripik

Pengembangan Varian Keripik  

Tanya:

Saya pengusaha kripik di Kabupaten Jepara. Saya ingin mengembangkan produk dengan cara menambah varian rasa dalam kripik tersebut. Bagaimana caranya supaya produk tersebut disukai masyarakat dan laku di pasaran?

Rina, Jepara

Jawab:

Pengembangan varian sebuah produk, merupakan langkah maju bagi institusi bisnis atau usaha. Namun sebelum melakukan pengembangan, perlu kiranya mencermati (mengkaji) berbagai hal atau kemungkinan-kemungkinan di pasaran.

Untuk melakukan pengembangan varian produk Anda, banyak hal yang perlu diperhatikan. Pertama, cari gagasan baru. Gagasan mengembangkan produk baru ini, agar produk yang akan Anda lempar di pasar, benar-benar memiliki kekhususan (pembeda) atau bahkan belum ada pesaing lain yang memiliki.

Kedua, eliminasi produk yang tidak sesuai dengan kemampuan, keahlian atau tujuan perusahaan. Setelah menyeleksi gagasan, ujilah produk yang akan Anda kembangkan. Kajilah terlebih dahulu, apakah produk itu nantinya bisa disukai konsumen atau tidak.

Karena produk yang Anda kembangkan adalah keripik, maka untuk mengetahuinya bisa dengan menguji melalui saudara atau teman-teman terdekat, untuk mencicipi, mencoba, dan kemudian tanyakan mengenai kekurangannya, sehingga bisa diantisipasi sebelum produk benar-benar diproduksi besar-besaran untuk dilempar ke pasaran.

Kajian-kajian dan pengujian seperti ini sangat penting, karena jika produk baru yang Anda ciptakan tidak sesuai dengan keinginan konsumen (pasar), maka itu sama artinya hanya membuang biaya produksisemata.

Setelah menjaring pendapat (masukan) dari keluarga atau teman-teman terdekat, bandingkan biaya produksi dengan manfaat produk yang Anda ditawarkan. Kemudian setelah itu, hitung potensi keuntunganyang akan Anda dapatkan dari produk baru yang akan dipasarkan.

Setelah itu, lakukanlah promosi produk baru Anda kepada setiap orang dengan baik. Komunikasi sangat penting untuk membangun citra (image building) dari produk baru Anda. Maka manfaatkan hubungan baik dengan berbagai kalangan untuk berpromosi. Anda bisa mencapai target penjualan yang baik jika mampu melakukan promosi dengan tepat.(Tim pengasuh Klinik UMKM Universitas Muria Kudus)

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top