Mengelola Konflik Antarkaryawan

Mengelola Konflik Antarkaryawan

 

Tanya:

Pengasuh Klinik UMKM yang terhormat, Saya mempunyai usaha perbengkelan yang sudah berkembang di daerah Undaan, dengan karyawan berjumlah 15 orang. Akhir-akhir ini ada permasalahan yang membuat bingung sekaligus gemas. Seminggu lalu, dua karyawan laki-laki berselisih paham terkait hal sepele, sehingga saya diamkan saja karena permasalahannya tidak begitu penting. Di luar dugaaan, esoknya keduanya masih diam-diaman (tidak bertegur sapa). Padahal sebelumnya, mereka termasuk tim yang kompak dan berprestasi. Apa yang harus saya lakukan? Mohon bimbingan dan arahannya. Terima kasih

Edy, Undaan, Kudus

 

Jawab :

Saudara Edy yang terhormat, terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan yang telah diberikan pada Tim Klinik UMKM Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (UMK) untuk membantu memecahkan problem Anda.

Hubungan interpersonal dalam suatu organisasi, memang memungkinkan menciptakan konflik atau ketidaksetujuan di antara orang-orang yang berhubungan dengan masalah substansial maupun emosional.

Konflik substansial akan melibatkan ketidaksetujuan terhadap segala sesuatu, seperti tujuan organisasi. Sedang Konflik emosional, adalah antara lain hasil dari perasaan benci (marah), ketidakpercayaan, ketidaksukaan, dan ketakutan.

Dua macam konflik tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah di tempat kerja. Tetapi jika dikelola dengan baik, maka konflik yang muncul justru akan mampu meningkatkan kinerja dan kreativitas serta inovasi tinggi.

Situasi Konflik yang sering terjadi di tempat kerja, cukup beragam. Pertama, konflik pribadi. Konflik pribadi memaksakan diri untuk berperan berlebihan yang melibatkan individu itu sendiri. Kedua, konflik interpersonal, yang terjadi antara dua orang atau lebih.

Ketiga, konflik antar kelompok. Konflik ini meliputi konflik internal, yang melibatkan wakil kepala lini dan staf serta konflik horizontal, yang terjadi antarkaryawan dalam departemen fungsional berbeda. Keempat, konflik antarorganisasi, seperti konflik dengan pesaing

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Kotak Saran dan Masukan

Silahkan kirim Saran / Pertanyaan seputar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus melalui link dibawah ini

saran untuk prodi akuntansi silahkan dikirm melalui email ke kotaksaran.prodiakuntansi.umk@gmail.com

Go to top